Selasa, 17 Juni 2014

KLASIFIKASI 'DDC' (dewey decimal classification)

KLASIFIKASI 'DDC' (dewey decimal classification)

1.Sejarah DDC
 
Pada tahun 1876 terbitlah sebuah pamphlet berjudul A Classification and Subject Index for Cataloguing and Arranging the Books and Pamphlets of a Library. Penerbitan pamflet memprakarsai terbitnya sistem Dewey Decimal Classification, lebih dikenal dengan singkatan DDC.Edisi pertama terbit tahun 1876 dengan ketebalan 44 halaman, terbit dengan pengarang anonim, berisi kata pendahuluan, bagan untuk 10 kelas utama yang dibagi secara desimal menjadi 1000 kategori yang bernomor 000 – 900, serta indeks subjek menurut abjad. Pembagian 10 kelas utama merupakan perbaikan dari sistem klasifikasi yang dikembangkan oleh W.T. Harris pada tahun 1870. Harris sendiri membagi bagan klasifikasinya atas klasifikasi pengetahuan menurut ilmuwan Francis Bacon tetapi tata urutannya berbeda. Bacon membagi pengetahuan menjadi 3 kategori dasar yaitu sejarah, sastra dan filsafat. Ketiga kategori ini sesuai dengan pembagian pikiran manusia yaitu memori (ingatan), imaginasi dan nalar.Pada tahun 1885 terbit edisi kedua disebut “revised and greatly enlarged edition”. Pada edisi ini terjadi relokasi artinya pengeseran sebuah subjek dari sebuah nomor ke nomor lain. Edisi ini merupakan basis pola notasi edisi selanjutnya. Dalam edisi tersebut Dewey pertama kali mengemukakan prinsip integritas angka artinya nomor dalam bagan Dewey dianggap sudah “mapan”walaupun mungkin terjadi relokasi. Dewey menyadari rumitnya reloka si dari satu edisike edisi lainnya karena perubahan, terutama relokasi dari satu edisi ke edisi lainnya karena perubahan, Universitas Sumatera Utara terutama relokasi menyebabkan perlunya reklasifikasi, padahal reklasifikasi tidak  disenangi pustakawan.Integritas angka atau stabilitas angka tetap dipertahankan pada edisi-edisi awal DDC walaupun perubahan angka tertentu tidak dapat dihindari. Hal ini terus berlanjut sampai terbitnya edisi 12 yang terbit tahun 1942 merupakan edisi standar selama bertahun-tahun. Dewey mengawasi revisi bagannya hingga edisis ke 13.Edisi 14 terbit dikenal dengan edisi lengkap. Edisi ke 14 mempertahankan kebijakan sebelumnya, rinciannya semakin melebar namun sedikit perubahan dalam struktur dasar. Perluasannya tidak seimbang karena masih banyak bidang yang belum di kembangkan. Pada tahun 1951 edisi ke 15 terbit, diambil kebijakan yaitu rincian di beberapa bidang dipangkas sehingga terdapat keseimbangan dalam subdivisi. Kalau pada edisi 14 terdapat sekitar 31.000 entri maka pada edisi 15 dipangkas menjadi 4.700 entri.Juga disadari bahwa bagan DDC tidak sesuai dengan laju perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya sains dan teknologi. Ini terjadi mungkin karena kebijakan integritas nomor. Pada edisi ke 15 diputuskan untuk relokasi sejumlah besar subjek. Indeks juga diperbaiki,diringkas sedangkan ejaan yang disederhanakan yang digunakan pada edisi sebelumnya kini ditinggalkan.perubahan yang dilakukan dalam edisi ke 15 dianggap terlalu berat bagi pustakawan. Banyak pustakawan tetap menggunakan edisi ke 14.Edisi ke 15 gagal digunakan karena sebuah indeks eksperimental, maka tahun 1958 terbitlah edisi 16. Pada edisi ke 16 dimulai tradisi baru dengan kebijakan siklurevisi tujuh tahunan yang artinya setiap tujuh tahun bagan Dewey akan keluar dalam edisi baru. Banyak perubahan terjadi pada edisi ke 16. Sejak itu, setiap edisi selalu memuat perubahan besar -besaran dalam subjek tertentu. Edisi ke 17 hingga ke 19 tetap berpegang pada kebijakan di atas. Edisi ke 20 terbit tahun 1989 dengan beberapa perubahan . warna edisi menjadi coklat muda, dibagi menjadi 4 volume karena edisi sebelumnya (terutama bagan klasifikasi) dianggap terlalu repot. Walaupun tetap mempertahankan prinsip integritas nomor, dalam edisi ini prinsip tersebut sedikit dilanggar. Terjadi relokasi misalnya komputer kini menempati 001 semula bagian dari elkektronika.
Pada tahun 1996 terbitlah edisi ke 21 sesuai dengan siklus 7 tahunan. Edisi tersebut muncul dengan warna biru tua, juga terbagi atas 4 volume. Volume 1 memuat tabel, volume 2 bagan dari 000 – 500, volume 3 bagan 600 – 900 sedangkan volume 4 Universitas Sumatera Utaramerupakan indeks. Selanjutnya pada tahun 2003 terbit edisi ke 23. Edisi ke 22 adalah edisi mutakhir muncul dengan warna hijau bagian atas serta hitam bagian bawah, juga di bagi atas 4 volume. Perubahan utama terdapat padabagan 400 dan 800. Di samping format cetak, muncul format elektronik dalam bentuk CD ROM (Compact Disc Read Only Memory) merupakan sebuah keping berukuran garis tengah 12 cm dapat memuat sekitar 250.000 lembar ukuran kertas A4. jadi sebuah CD ROM dapat memuat 60.000 modul.Sejak edisi awal hingga sekarang telah terbit ke 19 edisi lengkap. Selain edisi lengkap juga terbit edisi ringkas/singkat (abridgment edition). Edisi ringkas digunakan untuk keperluan perpustakaan kecil serta perpustakaan dengan laju pertumbuhan lamban maka sejak tahun 1894 diterbitkan edisi ringkas. Edisi ringkas ini memuat kira-kira 2/5 dari edisi lengkap. Edisi ringkas digunakan oleh perpustakaan sekolah serta perpustakaan umum yang kecil dengan koleksi tidak lebih dari 20.000 judul.Pada awal mulanya, edisi ringkas direvisi bila dianggap perlu. Ketentuan ini kemudian diubah, setiap edisi ringkas diterbitkan mengikuti pola edisi lengkap. Untuk edisi lengkap 19 diterbitkan edisi ringkas 11. Dengan terbitnya edisi lengkap ke 20, maka edisi 12 ringkas diharapkan terbit sekitar tahun 1991. Hingga edisi ringkas ke 9, edisi tersebut merupakan ringkasan yang sebenarnya dari edisi lengkap. Namun sejak edisi ringkas 10, dilakukan adaptasi sehinnga terdapat nomor untuk berbagai subjek yang berbeda dengan edisi lengkapnya. Jadi bukan hanya ringkasan belaka. Jadi kadang-kadang merupaka ringkasan,kadang-kadang merupakan adaptasi.
Atas permintaan pengguna, maka edisi ringkas ke 11 merupakan ringkasan sesungguhnya dari edisi lengkap 19. edidi ringkas 12 merupakan singkatan dari edisi ke 20, edisis ringkas ke 13 dari bagan lengkap edisi ke 21. Edisi ringkas ke 14 untuk edisi 22 terbit pada tahun 2004
 
2.Prinsip dasar DCC dan Sistematika
     Prinsip dasar pembagian DDC disebut desimal. Dengan prinsip desimal, DDC
menyajikan tiga (3) singkatan, masing-masing menunjukkan 10 kelas utama, 100
divisi dan 1000 seksi dari bagan dasar. Setiap kelas dari 100 sampai 900 terdiri dari kelompok yang saling berkaitan. Kelas 000 dicadangkan untuk materi perpustakaanyang terlalu umum untuk dimasukkan ke kelas lain. 
  
 Sistematika 
Sebagai suatu sistem klasifikasi, DDC memiliki sistematika yang merupakan persyaratan bagi sistem klasifikasi yang baik. Pengertian sistematika dalam hal ini adalah pembagian ilmu pengetahuan yang dituangkan ke dalam suatau bagan yang lengkap dan dilandaskan pada beberapa prinsip dasar tertentu.
 
3.Komponen-komponen DDC
Dalam klasifikasi Persepuluhan Dewey ini terdapat 3 komponen, yaitu Bagan,indeks Relatif, dan Tabel-tabel. Untuk lebih jelasnya dapat diperhatikan pada uraian berikut ini.
A. Bagan (Schedules)
Klasifikasi Dewey adalah bagan klasifikasi sistem hirarki yang menganut prinsip “desimal” untuk membagi semua bidang ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan dibagi ke dalam 10 kelas utama, yang diberi kode/lambang angka (selanjutnya disebut notasi). Seperti telah dijelaskan pada halaman sebelumnya. Dalam DDC ini semakin khusus suatu subyek, semakin panjang notasinya. Karena banyak angka yang ditambahkan pada notasi dasarnya. Pembagiannya dari umum ke khusus. 
Bagan atau schedule adalah serangkaian bilangan (nomor kelas) yang disusunmenurut prinsip-prinsip DDC dan memuat semua subyek ilmu pengetahuan secarauniversal. Secara umum Melvin Dewey membagi ilmu pengetahuan dalam 10 kelas utama.Setiap kelas utama dibagi secara desimal menjadi 10 sub divisi yang disebut seksi. Begituseterusnya. Pemilihan notasi langsung pada bagan ini langkah-langkahnya:
_ Tentukan subyek bahan pustaka melalui proses analisis.
_ Tentukan disiplin ilmunya untuk memudahkan penelusuran selanjutnya.
_ Golongkan subyek tersebut pada kelas utama.
_ Periksalah seksi dan subseksinya sampai diperoleh notasi yang tepat.
B.Indeks Relatif (Relative Index)
Indeks relatif adalah sejumlah tajuk dengan perincian aspek-aspek yang disusun secara sismatis berikut notasinya untuk memudahkan menentukan tajuk yang tercantum dalam indeks yang tersebar dalam bagan maupun pada tabel-tabel pembantu, langkah-langkahnya:
_ Tentukan subyek bahan pustaka yang hendak diproses melalui analisis subyek.
_ Carilah subyek itu, berikut aspek-aspeknya dalam indeks.
_ Bila aspek yang dianggap tepat ditemukan, periksa bagan lengkap untuk melihat              dan menguji kebenarannya.
_ Teliti tajuk untuk nomor itu, yang memungkinkan ada keterangan dalam bagan.
Untuk membantu mencari notasi suatu subyek dalam DDC terdapat ‘Indeks Relatif’. Pada indeks relatif ini terdaftar sejumlah istilah yang disusun berabjad. Istilahistilah tersebut mengacu ke notasi yang terdapat dalam bagan. Dalam indeks ini didaftar sinonim untuk suatu istilah, hubungan-hubungan dengan subyek lainnya. Bila suatu subyek telah ditemukan dalam indeks relatif, hendaklah ditentukan lebih lanjut aspek dari subyek yang bersangkutan. Cara yang paling cepat untuk menentukan notasi suatu subyek adalah melalui indeks relatif. Tetapi menentukan notasi hanya melalui dan berdasarkan indeks relatif saja tidak dapat dibenarkan. Setelah suatu subyek diperoleh notasinya dalam indeks relatif, harus diadakan pengecekan dengan notasi yang terdapat dalam bagan. Dengan demikian dapat diketahui apakah notasi tersebut betul-betul sesuai dengan karya yang sedang diklasifikasikan.
Contoh :
    Teater       792
Tata Ruang                   711.558
Arsitektur         725.882
Musik         782.8
Subyek “Theater “ dapat dilihat dari aspek : Tata Ruang,
Arsitektur, musik dsb.
C. Tabel-Tabel Pembantu
Kecuali pembagian kelas secara desimal dengan notasi yang terdaftar dalam bagan,DDC juga mempunyai sarana lain. Untuk membagi/memperluas subyek lebih lanjut, yaitu dengan menyediakan sejumlah tabel pembantu atau auxiliary tables. Notasi pada tabeltabel tersebut hanya dapat digunakan dalam rangkaian dengan notasi yang terdapat dalambagan. Dengan kata lain, notasi yang terdapat dalam tabel tidak pernah berdiri sendiri,selalu dirangkaikan dengan notasi dalam bagan. Dalam klasifikasi DDC edisi 22 terdapat 7 tabel pembantu/pelengkap, yakni:
1) Tabel 1: Subdivisi Standar (Standard Subdivisions)
Bila suatu subyek telah ditemukan notasinya dalam bagan, adakalanya perlu
dicantumkan lebih lanjut notasi tambahan “bentuk” yang diambil dari notasi yang terdapat dalam tabel 1 (standard subdivision, hal.3-24). Tabel 1 ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk suatu karya, misalnya -03 adalah bentuk kamus dan ensiklopedi. -05 adalah bentuk terbitan berkala atau majalah. Adakalanya juga untuk menjelaskan bentuk penyajian intelektual, misal -01 untuk bentuk penyajian yang bersifat filsafat dan teori, -09 sejarah dan geografi.
Dalam bagan terdapat 5 cara untuk penggunaan tabel 1 ini, yakni:
a. Tidak ada instruksi 
    Bila dalam bagan tidak ada instruksi bagaimana cara penggunaan dan penambahan tabel 1 hal ini berarti bahwa notasi tersebut dapat ditambahkan dengan notasi yang terdapat dalam tabel 1.
            CONTOH : 
          371       Pendidikan ( dalam bagan )
                                      -05      Majalah 
          371.05  berarti “ Majalah Pendidikan” 
b. Terdapat dalam Bagan (lengkap)
Didalam bagan sudah diperkirakan contoh yang lengkap untuk tabel 1 hanya saja tidak dirinci, misalnya “filsafat” tabel I telah tercantum dalam bagan yang menjangkau notasi antara 101 s/d 109 hanya saja disini tidak dirinci seperti yang terdapat dalam tabel 1
            CONTOH :
                              102   Kumpulan Filsafat 
                      -022 ilustrasi ( tabel 1)
                102.2 berarti “Ilustrasi filsafat”
c. Terdapat sebagian 
Didalam bagan adakalanya sebagian saja notasi Tabel 1 tersebut yang didaftarkan 
CONTOH : 
                              020 Ilmu Perpustakaan dan informasi 
      020.6   Organisasi dan manajemen (dalam bagan)
             -05   Majalah ( Tabel 1)
          020.5 berarti “ majalah Ilmu Perpustakaan dan Informasi”
d. Ada instruksi penggunaan dua nol (00)
Dalam contoh penambahan notasi Tabel 1 (a,b,c) diatas hanya didahului dengan satu nol (0) di dalam bagan ada kalanya terdapat instruksi untuk penggunaan dua nol (00) untuk menambah notasi tabel 1. Misalnya pada notasi Peternakan.
           CONTOH :  
                              636  Peternakan (dalam bagan) gunakan 
636.001 – 636.009 untuk standar sub divisi 
          -072 Penelitian (Tabel 1)
    636.007 2 berarti “ Penelitian peternakan “
e. Instruksi penggunaan Tiga nol ( 000 )
CONTOH ; 
                     375 Kurikulum (gunakan 375.000 1 – 375.000 9 untuk standar sub divisi)
         -072 Riset (tabel 1)
         375.000 72 berarti “ Penelitian kurikulum” 
2) Tabel 2: Wilayah (Geographic Areas, Historical Periods, Persons)
Adakalanya suatu subyek perlu dinyatakan aspek geografisnya (wilayah), misal“Angkatan Laut Indonesia”. Dalam hal ini notasi subyek itu perlu ditambahkan notasi wilayah “Indonesia” yang diambilkan dari Tabel 2. Cara penambahan tabel 2 ini adalah sebagai berikut:
a) Tidak ada instruksi, dengan menggunakan notasi -09 (aspek geografi dari Tabel 1).
b) Ada instruksi, adakalanya dalam bagan terdapat instruksi, biasanya berupa instruksi from Tabel 2. Kadangkala didahului dengan kata-kata ‘Geographical, treatment, treatment by specific continents, countries”, dan sebagainya. Untuk geografi suatuwilayah. Dalam bagan ini hanya untuk ‘geografi’ suatu wilayah. Misalnya “Geografi Jepang, Geografi Indonesia” dan sebagainya. Cara pembentukannya, angka dasar geografi suatu wilayah 91- ditambahkan dengan notasi wilayah yang diambil dari Tabel 2.
CONTOH:
     359             Angkatan laut 
     -09             Aspek georafi (dari tabel 1)
     -598 Indonesia (dari tabel 2)
     359.095 98 berarti “Angkatan laut Indonesia”
    320.9 Situasi dan Kondisi Politik 
    -91 – 99      Georafi suatu wilayah 
    -55            Iran (dari Tabel 2)
    320.955 berarti “ Situasi dan kondisi politik di Iran “
    9-           Angka dasar sejarah suatu wilayah 
    -598          Wilayah Indonesia ( Tabel 2)
    959.8 berarti “Sejarah Indonesia”
3) Tabel 3: Subdivisi Sastra (Subdivision for Individual Literatur, for Specific Literary Forms).
Dalam klas 800 (kesusasteraan)dikenal bentuk penyajian khusus yang disebut“subdivisi masing-masing sastra”. Misal bentuk-bentuk sastra, -1 Puisi, -2 Drama, -3 Fiksi,dan sebagainya. Notasi yang terdapat alam Tabel 3 ini hanya dapat ditambahkan pada notasi dasar sastra. Untuk notasi dasar suatu sastra yang berakhiran dengan angka 0 (nol),notasi dasarnya adalah dua angka pertama saja. Notasi dasar sastra Inggris 82 bukan 820, dan seterusnya. Cara penggunaan tabel 3 ini adalah:
a) Terdaftar dalam bagan tetapi belum lengkap
b) Tidak terdaftar dalam bagan
CONTOH :
                        839.31 Sastra Belanda 
       -3 Fiksi 
839.313 berarti “ Fiksi Belanda”
842 Drama Perancis (bagan)
    -202 Untuk Radio dan Televisi ( Tabel 3)
842.02  berarti “Drama Perancis untuk radio dan                           Televisi” 
4) Tabel 4: Subdivisi bahasa (Subdivisions of Individual Languages)
Dalam 400 (bahasa) dikenal subdivisi khusus bahasa yang disebut “masing bahasa”(Subdivisions of Individual Languages). Notasi yang terdapat dalam tabel 4 ini hanya dapat ditambahkan pada notasi dasar suatu bahasa dalam klas 400. Bila notasi suatu bahasa terdiri dari 3 angka dan berakhiran dengan 0 (nol), notasi dasarnya hanya 2 angka pertama.Misal notasi dasar bahasa Perancis 44- bukan 440, bahasa Itali 47- bukan 470. Cara penambahan Tabel 4 ini:
a) Terdaftar dalam bagan tetapi belum lengkap
b) Belum terdaftar dalam bagan
c) Kamus dua bahasa. Urutan sitirannya dengan mengutamakan bahasa yang kurang dikenal kemudian tambahkan -3 (dari Tabel 4), menyusul notasi bahasa yang lebih dikenal.
d) Kamus banyak bahasa. Bagi kamus banyak bahasa, yaitu mencakup 3 bahasa atau lebih dimasukkan ke dalam kamus poliglot (polyglot dictionaries).
CONTOH:
       499.221 Bahasa Indonesia (dalam Bagan)
                  -5 Tata bahasa (dalam tabel 4 )
       499.221 5  berarti  “ Tatabahasa Indonesia ”
       439.31 Bahasa Belanda 
               -3 Kamus (dari tabel 4)
     499.221 Bahasa Indonesia
     439.313 992 21 berarti “Kamus Indonesia – Belanda dan Belanda -  Indonesia
5) Tabel 5: Ras, Etnik, dan Kebangsaan (Racial, Ethnic, National Groups).
Adakalanya suatu subyek perlu ditambahkan aspek ras tertentu. Misal -951 Chinese -992.1 Philipines. Bila suatu subyek telah ditemukan notasinya, lalu tambahkan dengan notasi di tabel 5, ini dilakukan bila dirasa perlu untuk memperluas subyek yang bersangkutan.
Adapun cara penambahannya, adalah:
a) Ada perintah
b) Tidak ada perintah. Maka tambahkan notasi -089 (dari Tabel 1) kemudian cantumkan notasi
CONTOH :
        155.84 Psikologi 
            -24 Bangsa Australia (dalam tabel 5)
        155.842 4 Psikologi bangsa Australia
6) Tabel Bahasa (Languages)
Suatu subyek adakalanya perlu ditambahkan aspek bahasanya. Misal Bibel dalam
bahasa Belanda. Terjemahan Al-Qur’an dalam bahasa Cina, dan sebagainya. Terlebih dahulu harus ditentukan notasi untuk subyek Bibel dan Al-Qur’an kemudian ditambahkan dari notasi bahasa Belanda atau Cina yang diambilkan dari Tabel 6. Cara penggunaan Tabel 6 ini adalah: 
a) Ada perintah
b) Tidak ada perintah. Tambahkan notasi -175 (aspek wilayah di mana suatu bahasa sangat dominan, dari Tabel 2). Lalu tambahkan notasi bahasa dari Tabel 6 ini. Contoh untukkarya Bibel di Argentina dalam bahasa Spanyol (bahasa Spanyol sangat dominan di Argentina) mendapat notasi 220.517661.
CONTOH:
                  220      Bible (dalam bagan)
          -5 Versi modern dan tradisional (dalamBagan)
          -393 1  Bahasa Belanda (dari Tabel 6)
      220.53931  berarti “Bibel dalam Bahasa Belanda”
7) Tabel Orang (Groups of Persons).
Suatu subyek adakalanya perlu diperluas notasinya dengan kelompok orang
tertentu, misal ahli kimia, penyandang cacat, dan sebagainya. Untuk itu pada notasi subyek yang bersangkutan dapat diperluas dengan menambahkan notasi yang terapat pada Tabel 7.Penggunaan Tabel 7 ini adalah sebagai berikut:
a) Ditambahkan langsung
b) Tidak langsung. Tambahkan dengan notasi -088 yang diambil dari Tabel 1.
D. Penggunaan DDC
Setiap petugas perpustakaan yang hendak menggunakan klasifikasi DDC atau
menggolongkan suatu bahan pustaka, perlu melalukan langkah-langkah ini, diantaranya:
Ø Pelajari pola umum bagan klasifikasi, seperti ringkasan pertama (10 kelas utama),ringkasan kedua (divisi), ringkasan ketiga (seksi), dan seterusnya.
Ø Pelajari bagan lengkap secara teratur dan sistematis, agar memperoleh gambaran yang lebih jelas.
Ø Pelajari tabel-tabel pembantu serta petunjuk penggunaannya.
Ø Pahami indeks relatif dan penyusunannya.

Tabel DDC
Sepuluh Kelas Utama
000
Karya Umum 
100
Filsafat dan Psikologi
200
Agama
300
Ilmu-ilmu Sosial
400
Bahasa
500
Ilmu-ilmu murni
600
Ilmu-ilmu Terapan (teknologi)
700
Kesenian,Hiburan,Olahraga
800
Kesusastraan
900
Geografi dan Sejarah Umum
000
KARYA UMUM
100
FILSAFAT DAN PSIKOLOGI
010
Bibliografi
110
Metafisika
020
Ilmu Perpustakaan
120
Epistemologi
030
Ensiklopedia Umum & Kamus Umum
130
Psikologi Populer, Okultisme
040
 [Unassigned]
140
Pandangan-pandangan filsafat Khusus
050
Terbitan Berseri Umum
150
Psikologi
060
Organisasi Umum & Museum
160
Logika
070
Jurnalisme, Penerbitan & Surat Kabar
170
Atika
080
Kumpulan Karya-karya Umum
180
Filsafat Kuno Abad Pertengahan, Filsafat timur
090
Naskah & Buku-buku Langka
190
Filsafat Barat Modern
200
AGAMA
300
ILMU SOSIAL
210
Agama Alam
310
Statistika/Data
220
Alkitab
320
Ilmu Politik
230
Teologi Kristen
330
Ilmu Ekonomi
240
Moral Kristen
340
Ilmu Hukum
250
Gereja Kristen Setempat
350
Administrasi Negara
260
Teologi Sosial & Eklesiastik
360
Masalah-masalah Sosial
270
Sejarah Gereja
370
Pendidikan
280
Denominasi & Sekte-sekte
380
Perdagangan
290
Agama-agama Lain & Perbandingan Agama
390
Adat Istiadat & Kebiasaan
297
Agama Islam
400
BAHASA
500
ILMU-ILMU MURNI
410
Tata Bahasa Umum
510
Matematka
420
Bahasa Inggris
520
Astronomi
430
Bahasa Jerman
530
Fisika
440
Bahasa Prancis
540
Kimia
450
Bahasa Spanyol & Portugis
550
Ilmu Pengetahuan Tentang Bumi dan Dunia Lainya
470
Bahasa Latin
560
Paleotologi
480
Bahasa Yunani
570
Ilmu-ilmu Tentang Kehidupan
490
Bahasa-bahasa Lain
580
Ilmu-ilmu Tentang Tumbu-tumbuhan
4X
Bahasa Indonesia
590
Ilmu-ilmu Tentang Hewan
600
TEKNOLOGI
 ( ILMU TERAPAN)
700
KESENIAN,HIBURAN,OLAHRAGA
610
Ilmu Kedokteran
710
Seni Perkotaan dan Pertamanan
620
Ilmu Teknik
720
Arsitektur
630
Ilmu Pertanian
730
Seni Plastik & Seni Pahat Patung
640
Kesejahteraan Rumah Tangga
740
Menggambar & Seni Dekorasi
650
Manajemen
750
Seni Lukis & Lukisan
660
Teknologi Kimia
760
Seni Grafika
670
Pabrik-pabrik
770
Fotografi
680
Pembuatan produk-produk untuk Penggunaan Khusus
780
Musik
690
Bangunan
790
Seni Rekreasi & Pertunjukan
800
KESUSASTRAAN
900
GEOGRAFI DAN SEJARAH
810
Kesusastraan Umumnya
910
Geografi Umum
820
Kesusastraan Inggris
920
Biografi
830
Kesusastraan Jerman
930
Sejarah Umum Dunia Purba
840
Kesusastraan Perancis
940
Sejarah Umum Eropa
850
Kesusastraan Itali
950
Sejarah Umum Asia
860
Kesusastraan Spanyol & Portugis
960
Sejarah Umum Afrika
870
Kesusastraan Latin
970
Sejarah Umum Amerika Utara
880
Kesusastraan Lain-lain
980
Sejarah Umum Amerika Selatan
890
Kesusastraan Indonesia
990
Sejarah Umum Bagian Lain di Bumi
DAFTAR ISI :
Dewey, Melvil. 2003. Decimal Classification and Relatif Index, 22th ed.Vol.1-            
        Vol.4.Dublin, Ohio : OCLC Online Computer Library Center, Inc.
Hamakonda, Towa P dan J.N.B. Tairas. 2002. Pengantar Klasifikasi  
       Persepuluhan Dewey.Jakarta: BPK Gunung Mulya.
Perpustakaan Nasional RI. 1994. Terjemahan Ringkasan Klasifikasi Desimal   
     Dewey dan Indeks Relatif: Disesuaikan dengan DDC 20. Jakarta: Perpustakaan   
     Nasional RI.
Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka   Utama.
1.Sejarah DDC

1 komentar:

  1. William Hill - Casinooland
    William Hill - Casinooland 메리트 카지노 고객센터 · Our website uses cookies in fun88 soikeotot accordance with UK and international law. You can find information about our use of cookies in accordance william hill with Minimum Age: 18 years

    BalasHapus